KAOS DISTRO : Mengusung konsep eksklusif dengan pilihan desain baju atau kaos distro yang inovatif, ternyata menjadi salah satu strategi jitu bagi para pelaku bisnis distro untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar dan mendapatkan perhatian dari calon konsumen.
Meskipun saat ini persaingan di industri garmen semakin hari
semakin ketat, namun segmen pasar produk distro tidaklah sama dengan produk
garmen. Sehingga tidak heran bila di tengah membludaknya produk garmen dari
luar negeri, keberadaan outlet distro di Indonesia malah semakin mewabah hingga
berbagai penjuru daerah.
Nah, agar bisnis distro Anda bisa tetap terus eksis, berikut
ini kami informasikan beberapa konsep pemasaran unik yang bisa Anda jalankan:
1. Membuat konsep unik sesuai dengan komunitas yang Anda bidik.
Seperti kita ketahui bersama, kehadiran Kaos Distro sangatlah lekat dengan gaya hidup anak muda yang
cenderung senang berkumpul dan bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu
sesuai dengan minat atau hobi yang mereka miliki. Karena itu untuk memenangi
persaingan, tidak ada salahnya bila Anda membidik komunitas yang ada di sekitar
Anda sebagai segmen pasar yang cukup potensial. Contohnya saja seperti membidik
komunitas sepeda, penggemar bola, komunitas skater, distro muslimah, dan lain
sebagainya. Setelah menemukan konsep yang sesuai, selanjutnya buatlah desain
produk yang mewakili ciri khas komunitas tersebut, serta mulailah mendisplay
outlet Anda dengan interior atau ornamen tambahan yang senada.
2. Membuat desain unik untuk memancing respon konsumen.
bisnis distroSelain membidik komunitas yang ada di sekitar
kita, strategi pemasaran lain yang perlu Anda jalankan yaitu berani tampil beda
untuk memancing minat pelanggan. Keunggulan produk Kaos Distro yang dikenal masyarakat dengan sebutan limited edition
(satu kali produksi untuk satu desain) ternyata tidak menjadi jaminan
kesuksesan bisnis distro Anda.
Oleh karenanya, ciptakan desain yang unik, trendi, dan
inovatif, agar produk Anda memiliki ciri khas tertentu serta sentuhan nilai
seni yang lebih tinggi. Misalnya saja seperti mencantumkan kata-kata motivasi
dalam setiap produk yang didesain, mengangkat peribahasa plesetan untuk menarik
minat pelanggan, menggunakan bentuk animasi lucu sebagai ajang untuk
berinovasi, atau bisa juga membuat desain sederhana dan bersih untuk membidik
konsumen yang menyukai desain-desain simpel.
3. Menjalankan strategi pemasaran jemput bola menggunakan mobil distro keliling.
Tak hanya para pelaku bisnis makanan saja yang bisa
menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling. Sekarang ini ada beberapa
pengusaha Kaos Distro yang mulai
menjalankan strategi pemasaran jemput bola menggunakan mobil keliling. Mereka
mendisplay produk-produknya di dalam mobil, dan berkeliling ke pusat keramaian
untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Terbukti strategi pemasaran ini tidak
hanya kreatif dari segi konsep, namun juga cukup efektif untuk mendongkrak
penjualan produk.
4. Memperluas jangkauan pasar dengan membuka toko online.
Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet,
sekarang ini strategi pemasaran online menjadi salah satu alternatif yang
banyak dijalankan para pelaku usaha. Murahnya biaya promosi yang dibutuhkan dan
luasnya jangkauan pasar di dunia maya, menjadikan media online sebagai lapak
dagang yang cukup potensial untuk mendatangkan banyak keuntungan. Terbukti,
banyak pelaku usaha Kaos Distro yang
mulai mendapatkan pelanggan, reseller, bahkan agen pemasaran di setiap kota,
setelah mereka mempromosikan keberadaan distronya melalui dunia maya.
5. Melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen.
Ketatnya persaingan pasar dan banyaknya distro baru yang
mulai bermunculan, menuntut para pelaku bisnis distro untuk terus berkreasi dan
berinovasi untuk memanjakan para konsumennya. Salah satunya saja seperti
melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen yang lokasinya cukup
terjangkau dari lokasi distro Anda. Strategi pemasaran seperti ini belakangan
mulai dijalankan para pengusaha yang membuka lapak distro online.
Semoga kelima konsep pemasaran unik bisnis distro ini bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula di industri
distro untuk bisa mengoptimalkan pemasaran produknya dan mendapatkan untung
besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.