KAOS DISTRO : Berkaitan dengan bisnis kaos distro, pengalaman saya selama berkenalan dengan berbagai pebisnis ternyata kuncinya adalah sejauh mana kita bisa memperluas pasar dan pasar bisa menerima produk yang dijual. Artinya, barang apapun, jika ia memiliki akses pasar yang luas, maka ia akan berpotensi menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.
Akan tetapi, segmentasi bisnis ke pemasaran atau produksi,
atau pun keduanya, tergantung sejauh mana peluang yang bisa kita optimalkan.
Misalnya, bagi yang memiliki jaringan banyak akan tetapi minim modal, maka
bisnis yang biasa diambil adalah menjadi agen atau distributor. Akan tetapi
bagi pebisnis yang memiliki modal besar tetapi minim pemasaran, maka produksi
menjadi pilihan yang diambil.
Besar kecilnya pasar ditentukan oleh segmentasi yang akan
kita ambil, misalnya bisa berdasarkan hobby, pendidikan konsumen, dan lain
lain. Begitu juga dalam produk bisnis, bisa berupa barang dan jasa. Akan sangat
banyak potensi yang bisa kita kembangkan dalam bisnis jika kita serius, focus,
dan memahami caranya. Dalam hal ini, saya
akan berbagi tips cara berbisnis kaos distro, semoga bermanfaat.
kaos distro bandung, kaos distro murah bandung, grosir kaos
distro murah, distributor kaos distro, grosir kaos distro bandung, grosir kaos
distro,distro bandung,
bisnis kaos distro
CARA
BERBISNIS KAOS DISTRO
1. Mempunyai gagasan kreatif Mengenai Kaos
Distro
Biasanya, gagasan kreatif mengenai kaos distro itu muncul
secara tiba-tiba karena kita sudah sering bersentuhan dengan hal tersebut. Maka
untuk memunculkan gagasan kreatif tentang konsep kaos distro yang hendak
dijalankan, Sobat harus memahami dulu tentang kaos distro, baik sejarah kenapa
kaos distro bisa bekembang, cara para pebisnis mengembangkan bisnis kaos
distronya, alian aliran kaos distro, desain kaos distro, manajemen kaos distro,
dan lain lain. Semakin sering kamu behubungan dengan kaos distro, maka
pemahaman tersebut akan tersimpan di memory dan langsung masuk kea lam bawah
sadar kita secara otomatis. Dari berbagai perbedaan konsep yang telah ada,
biasanya muncul gagasan baru sebagai hasil perkawinan dua gagasan.
Sebagai contoh, pada abad ke 18, belum ada orang yang
mengenal kaos polo. Pada kondisi itu,
seorang pebisnis asal Inggris melihat permainan polo yang mengalami gangguan
pada kostum yang digunakan karena menggunakan baju panjang yang kaku. Dari
situlah ia mengawinkan antara kemeja dengan kaos sehingga muncul gagasan
pertama kaos kerah. Hal itu pada awalnya digunakan untuk olah raga polo, sampai
terjadi evolusi pada kaos tersebut, baik bahan, style, warna, hingga motif
seperti sekarang ini.
Hal ini menjadi kunci penting, karena tanpa memiliki gagasan
kreatif dan passion yang kuat, maka bisnis yang dilakukan akan hampa, monoton,
dan tanpa makna. Gagasan inilah yang membedakan antara bisnis dengan menjadi
pekerja. Begitu pula dalam kondisi apapun, kaos distro yg eksklusif dan unik
lah yang akan diterima pasar, karena tiap orang pada dasarnya menyukai hal
unik, termasuk dalam berbusana.
2. Tentukan Segmentasi
Pasar Kaos Distro
Setelah ide itu muncul, maka langkah selanjutnya adalah
menentukan segmentasi pasar kaos distro, siapa aja konsumen yang akan menerima
prodak kita. Kesesuaian antara produsen dengan konsumenlah yang akan menjadi
mitra panjang. Begitu pula kesalahan menentukan segmentasi, maka dijamin kaos
distro yang telah kita akan bisa dan susah laku. Hal ini karena kita tidak
focus menggarap segmentasi pasar sehingga kineja yang dilakukan akan setengah
setengah dan tiak memiliki indicator kesuksesan yang jelas. Apalagi kaos distro
merupakan bisnis yang berasal dari symbol komunitas, maka target pasar pun harus
jelas, komunitas mana mananya.
Beberapa contoh target pasar kaos distro yang bisa dijadikan
rujukan ialah berdasarkan ekonomi: menengah ke atas atau menengah ke bawah,
atau berdasarkan komunitas seperti music
fans club, photografer, komunitas penghobi
burung kicau, komunitas mancing mania, pria yang hobi bermain golf, bersepeda,
wanita yang memiliki anak balita dll.
3. Positioning Kaos Distro
Positioning akan sangat penting, kaitannya dengan menentukan
posisi kita di mata konsumen, termasuk persoalan branding, pesaingan pasar.
Misalnya pada persoalan branding kaos distro: menonjolkan keunggulan pada harga
yang murah, pelayanan konsumen yang ramah, desain yang unik, tata letak toko
(outlet dan toko online), akses yang mudah dijangkau. Dalam persoalan
pemasaran, branding menjadi lebih penting bagi konsumen karena branding dan
kesan yang bagus akan lebih mudah diingat dibanding barang yang sebenarnya.
Begitu juga dengan memahami kelemahan dan kelebihan pesaing dan bisnis kita,
kita akan lebih bisa memodifikasi dan inovasi bisnis menjadi lebih baik di
banding pesaing yang ada.
4. Target dan Ekspektasi Kaos Distro
Setelah memiliki ide, membidik segmentasi pasar, memahami
positioning, selanjutnya adalah menentukan target. Misalnya target hitungan omzet
kotor, laba bersih, target jaringan pemasaran, target kepuasan konsumen, target
perluasan pasar/ cabang, dan lain lain. Dalam bisnis, segala hal apapun harus
bisa dijelasakan decara detail, tertulis, dan bisa dikalkulasikan secara
matematis. Jika target bisa dan tidak bisa dikalkulasikan secara matematis,
maka bisnis yang dilakukan akan bias dan
tidak optimal.
5. Strategi bisnis
Strategi bisnis bisa berupa strategi produksi, strategi
pengembangan modal, strategi promosi, iklan, diskon reseller dan grosir, serta
reward reward lain.
a. Strategi pengembangan modal
Dalam bisnis, modal itu penting, baik berbentuk barang dan
uang, atau jasa. Sesuatu yang bisa menjadi asset awal, itulah modal. Jika modal
berupa uang, bisa berasal dari uang pribadi atau pinjaman. Dalam bisnis apapun,
termasuk kaos distro, modal memegang peranan penting. Maka, cara mengembangkan
bisnis melalui modal adalah dengan cara melakukan efisiensi biasa produksi dan
memperbesar akumulasi keuntungan.
b. Strategi produksi
Setelah memiliki modal yang cukup, maka langkah berikutnya
ialah menentukan strategi produksi. Keuntungan dalam produksi perpotong memang
lebih kecil dibanding dengan pemasaran, akan tetapi produksi yang banyak dan
strategis akan memiliki keuntungan di banding dengan pemasaran yang memiliki
stok terbatas.
Strategi produksi kaos distro bisa dilakukan dengan cara
membuka konveksi/ sablon, PO ke konveksi orang, atau kita menggunakan system
maklun (membeli bahan bahan sendiri dan menyerahkan produksi ke konveksi. Semua
punya kelebihan dan kekurangan. Adapun barang yang dipasarkan bisa membidik
merk sendiri atau menjual merk orang lain.
kaos distro bandung, kaos distro murah bandung, grosir kaos
distro murah, distributor kaos distro, grosir kaos distro bandung, grosir kaos
distro,distro bandung,
produksi kaos distro
c. Strategi iklan dan promosi
Dalam pemasaran kaos distro, promosi merupakan jantung dari
hubungan dengan konsumen. Hal ini pulalah yang akan membedakan satu produk
dengan produk lain yang kualitasnya sama. Satu hal yang ingin ditarget dalam
promosi ialah branding/ membuat satu kata kunci yang selalu dikenang konsumen.
Misalnya, ketika orang berbicara 3second ketika membicarakan kaos distro, maka
merk itu telah sukses melakukan branding. Hal ini bisa dilakukan dengan
mengendorse artis/ public figure, menjadi sponsor, donator event event
tertentu, atau juga melalui pelayanan mengesankan melalui mouth to mouth.
Strategi dari mulut ke mulut merupakan strategi yang lama dilakukan, tapi lebih
betahan lama dikenang konsumen.
Adapun pemasaan kaos distro bisa ditempuh melalui jalur
offline (outlet), online, atau pun keduanya. Jika membuka outlet, usahakan
posisinya di tempat yang banyak dilalui akses publik, desain interiornya
elegant dan unik, dan pelayanannya ramah.
Jika membuka toko online, usahakan promosi melalui semua media online
seperti membuat web, blog, wordpress, BBM, Facebook, twitter, path, instagram,
dan lain lain. Semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu, maka akan
semakin meningkatkan potensi penjualan.
d. Strategi pelayanan prima
Dalam bisnis apapun, yang selalu ingin dikenang konsumen
melebihi prodak adalah kesan baik/ attitude. Jadi sebenarnya, bisnis kaos
distro yang baik itu adalah jual sikap, bukan jual produk. Pelayanan prima ini
bisa berupa pelayanan yang cepat, ramah, tepat waktu, serta menyenangkan.
e. Strategi kalkulasi laba rugi
Bisnis selalui dipengaruhi permintaan dan penawaran. Usahakan
untuk selalu pada posisi yang seimbang. Tidak terlalu mengeruk keuntungan, juga
tidak terlalu menyengsarakan usaha karena alas an menyenangkan konsumen. Dibuat
statistic jumlah modal, jumlah beban produksi, pengeluaran lain lain, akumulasi
keuntungan kotor, hingga keuntungan bersih. Dengan target yang jelas, maka kita
akan mudah menganalisa pekembangan bisnis kaos distro yang dilakukan.
kaos distro bandung, kaos distro murah bandung, grosir kaos
distro murah, distributor kaos distro, grosir kaos distro bandung, grosir kaos
distro,distro bandung,
strategi bisnis kaos distro
f. Strategi manajerial bisnis
Dalam jangka panjang, manajerial merupakan kunci untuk
mempetahankan dan mengembangkan bisnis untuk stabil. Manajeial itu bisa berupa
pembukuan yang detail dan bisa dipetanggungjawabkan, penataan posisi toko/ barang, desain interior,
dan lain lain. Yang terpenting adalah selalu mengontrol perkembangan bisnis
kaos distro secara berkala dan membuat gagasan kreatif lain seperti poin satu
dan seterusnya.