KAOS DISTRO : Sering kita berpikir kalo usaha itu harus punya modal. saya setuju dengan kalimat itu, tapi modal yang saya maksud apakah harus berupa uang ?. Modal bisa berarti apa saja, jaringan, kenalan, perlatan dan lain sebagainya. Banyak cara untuk memulai sebuah usaha baik untuk orang yang belum tahu seluk beluk bisnis maupun bagi yang ingin memulainya. kita bisa memulai dengan hal yang paling mudah yaitu dengan hal-hal yang kita sukai
.
Banyak yang berpikir kalo usaha pasti butuh modal besar.
modal uang yang cukup banyak, karena bakalan resiko rugi. Tapi ingat kalo namanya
usaha itu butuh perjuangan butuh semangat dan butuh keuletan yang tinggi.
Yakinlah bahwa banyak orang SUKSES berawal dari O, mereka dulunya tidak punya
apa-apa kini bisa menjadi memiliki banyak hal karena berwirausaha. Punya uang,
punya kenalan banyak, punya relasi, bisa jadi dikenal orang, dan masih banyak
lagi hal yang baik jika kita berwirausaha.
Jika kita ingin menjadi seorang wirausaha kita sebaiknya
berpikiran positif. Tanya pada diri sendiri "Kapan kamu sukses ?"
jangan berpikiran rugi dan bangkrut dulu. Tanpa kamu berpikiran rugi dan
bangkrut pasti akan menghampirimu, dan harus kamu hadapi. Tinggal Kunci seorang
wirausaha adalah berani mengambil resiko dan segera memulainya.
Kalo anda bingung, disini saya menawarkan bidang pakaian
yaitu khususnya kaos sebagai jalan usaha Anda. Pakaian merupakan salah satu
kebutuhan pokok manusia selain pangan. Setiap manusia membutuhkan pakaian, dan
salah satu jenis pakaian yang umum adalah KAOS, jika anda berminat simak tips
berwirausaha berikut ini, TANPA MODAL.
Memanfaatkan Peluang
Tanya pada diri anda, Adakah peluang berjualan kaos di
lingkungan anda ? Jawabnya Pasti ADA.
Lalu, kepada siapa anda harus berjualan kaos ? Lingkungan
mana yang anda pilih ? daerah mana ? golongan mana yang anda pilih ? Itu
disebut segmentasi. Pilihlah yang menurut anda peluang anda masuki besar,
Misalnya. anda seorang mahasiswa, bisa jadi peluang paling besar adalah
berjualan di kalangan mahasiswa karena paling dekat dengan anda. Atau anda
melihat di sekitar lingkungan anda banyak sekali anak-anak, anda bisa mencoba
menjual pakaian anak-anak kepada mereka, ya intinya PELUANG Ada dimana-mana
tinggal kita manfaatkan atau tidak.
Usaha Kaos Tanpa Modal? Emang ada?
ADA!, modalnya bukan uang, tapi relasi dan komunikasi serta
kemampuan design grafis ya yang biasa-biasa saja. Tidak percaya? Anda coba
desain sebuah kaos, dengan desain yang unik dan menarik pokoknya cari yang
berbeda dari kaos lainnya. Setelah desain mantap, sekarang anda pasarkan desain
anda ke teman-teman anda. Gunakan jejaring sosial untuk memudahkan Marketing
anda. Setelah ada yang memesan dan berminat kamu bisa pesan atau masuk ke
proses produksi. Lho kan saya nggak punya
konveksi kaos? Tenang, jangan khawatir, berbisnis itu kerja sama. Jadi
kerjasama lah dengan pabrik konveksi kaos. Sehingga proses produksi kamu lempar
ke pabrik tersebut. Enak kan, nanti kamu tinggal mengurusi pesanan dan kirim
barang. Sistem seperti ini di sebut
Sistem Pre Order. jadi, saat ini nggak ada yang nggak bisa dilakuin
kalau memang niat ingin berbisnis. Dan bisnis kaos ini peluangnya masih terbuka
lebar. Dan kami siap menjadi partner bisnis kaos anda. Lalu masih ragu mau
mulai bisnis? Takut Dengan Modal?
Pentingnya jaringan dan distribusi.
Pada bagian ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai
pentingnya jaringan dan distribusi pemasaran. Diera digital zaman sekarang ini
hampir semua orang menggunakan handphone yang bisa mengakses internet. Jika
kita bisa memanfaatkan dengan cara membangun jaringan memperbanyak link maka
produk-produk yang bisa kita tawarkan akan lebih mudah terjual. Kaitanya dalam
membuka usaha kaos maka distribusi menjadi penting karena kita akan berhubungan
dengan orang lain dalam menjual.
Mulai membangun sebuah usaha.
TIPS MEMILIH NAMA BRAND
Setelah anda memutuskan untuk membangun sebuah usaha kaos
maka selanjutnya anda perlu membuat sebuah nama brand atau merk produk. Seperti
seorang manusia produk anda harus memiliki nama karena orang akan mengenal
produknya bukan penciptanya. ya walaupun bisa jadi diberinama sama dengan
pemiliknya.
4 TIPS MEMILIH NAMA BRAND
1. Brand Produk Harus Mudah Diingat Sebagian besar dari brand
yang belakangan ini bermunculan di pasaran bisa dikatakan terlalu latah
mengikuti brand-brand besar yang sudah ada sebelumnya. Padahal, sebagai pelaku
usaha Anda bisa menciptakan brand produk baru asalkan penamaan suatu brand
harus bersifat friendly, dalam artian disini mudah diingat. Atau dalam hal ini,
Anda bisa menggunakan nama brand produk dari apa yang sering diucap oleh
khayalak. Dengan begitu brand produk Anda mudah diingat dan secara tidak
langsung mampu mendongkrak nama dari brand tersebut
2. Brand Produk Mudah Diucapkan Tak jarang, banyak sekali
brand produk yang menggunakan nama-nama unik namun susah untuk diucapkan. Hal
ini tentu menyebabkan brand tersebut kurang mudah diingat oleh
konsumen-konsumen dan akan kalah dengan brand lain yang penyebutannya lebih
mudah.
Mungkin memang terlihat sepele. Tapi ini penting, karena
brand adalah faktor utama yang menggambarkan image sebuah perusahaan. Seperti
contoh nama Brand yang saya sebutkan diawal tadi, penyebutan seperti Nikon,
Canon, Apple, Facebook, Twitter itu adalah dari sebagian banyak brand yang
sangat booming karena mudah disebut.
3. Terdiri dari Maksimal 3 Penggalan Kata Penyebutan nama
suatu brand bisa berupa penggalan kata atau kata yang memiliki penyebutan 2
kali sampai 3 kali penggalan. Seperti contohnya "Canon" (Can dan
Non), "Nikon" (Ni dan Kon), "Facebook" (Face dan Book). Coba
telaah, disitu ada penggalan kata yang tanpa kita sadari akan membantu brand
tersebut semakin mudah diingat.
4. Menggunakan Kata yang Unik Penggunaan nama yang unik akan
membuat audience/ konsumen penasaran dengan nama yang dibuat tersebut.
Berbicara mengenai IDE dan KONSUMEN. Sebagai bisnis pemula
anda bisa memanfaatkan yang namanya "HOBI" atau tipe konsumen sesuai
kesukaan. Anda bisa membaca artikel mengenai usaha kaos berawal dari kesukaan
pada super Hero pada link berikut