KAOS DISTRO : Sudah banyak informasi mengenai dahsyatnya bisnis kaos distro dan dunia desain baju distro menjadi salah satu bisnis paling berprospek saat ini. Tetapi Anda jangan terburu-buru untuk terjun ke dalam bisnis satu ini.Jangan sampai sudah terlanjur basah ternyata Anda belum bisa berenang. Meski tampak sederhana, ada beberapa hal spesifik yang harus Anda siapkan dan lakukan dalam memulai bisnis kaos distro ini.
Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan mencoba sharing
dengan Anda mengenai bagaimana cara dan langkah-langkah dalam membuka usaha
usaha kaos distro. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
Angkat Tema Tertentu
Memasuki bisnis satu ini Anda perlu mengenali salah satu
karakter khas dari pasar bisnis distro, yakni perilaku konsumen yang mencari
keunikan dan konsep berbeda dari produk pasaran. Jadi untuk menjadi bintang
baru dalam bisnis ini Anda harus menemukan tema yang khas dan menjual namun
cukup berpotensi untuk Anda jalani.
Di sini Anda bisa memilih banyak tema, mulai dari etnik,
sporty, sosial, musik dan masih banyak lagi tema unik yang bisa Anda usung.
Pastikan Anda memiliki kompetensi untuk dapat mengembangkan desain berdasar
tema tadi dan lebih baik bila Anda juga memiliki calon pasar yang cukup kuat
untuk produk dengan tema pilihan Anda.
Menentukan Konsep Usaha
Inilah keputusan pertama Anda dalam bisnis ini, yakni memilih
antara menjadi reseller atau membuka sendiri produksi kaos distro. Tentunya
masing-masing keputusan memiliki kelebihan. Dengan cara reseller atau agen,
Anda tidak lagi dipusingkan dengan proses produksi. Tetapi di sini Anda harus
memastikan supplier Anda memang produsen kaos distro yang terjamin dari sisi
kualitas maupun dalam partnership.
Sedang bila Anda tertarik membuka produksi sendiri Anda harus
menyiapkan segala urusan produksi, mulai dari alat, tenaga hingga perlengkapan
dan bahan baku. Prosesnya lebih rumit pilihan kedua tetapi dari sisi lain Anda
bisa menuangkan keahlian desain dan idealisme Anda dalam kaos buatan Anda
sendiri.
Menentukan Jalur Penjualan
Di sini Anda harus memilih apakah Anda akan membuka toko
offline atau membuka jalur pemasaran online. Apakah Anda memerlukan tenaga
reseller atau keagenan, atau Anda lebih suka menjual secara jalur khusus dengan
memasuki komunitas tertentu dan menjualnya secara forum tertutup.
Semua ini bergantung pada karakter produk Anda, misalkan bila
Anda mengangkat kaos denga tema hardcore, maka memasuki pasar komunitas bisa
menjadi pilihan menarik untuk Anda coba.
Persiapkan Keuangan
Dalam memulai usaha Anda jelas membutuhkan modal, tentu saja
bila Anda memilih bisnis reseller Anda bisa menekan modal awal lebih rendah
dengan sistem dropship. Tetapi bila pilihan Anda adalah produksi sendiri, maka
Anda setidaknya harus menyiapkan dana moda kisaran 2 – 10 juta untuk usaha
skala kecil, dana ini utamanya untuk menyiapkan peralatan dan mesin-mesin,
bahan baku berupa kaos polos dan cat tinta, benang DLL.
Melakukan Branding
Pada umumnya pasar dari kaos distro adalah anak muda yang
mencari produk kaos yang berbeda dan unik. Sesuatu yang lebih menunjukan
personal mereka dari sekedar produk massal yang cenderung universal. Branding
Anda di sini bertujuan menunjukan jati diri desain kaos karya Anda, pesan-pesan
yang ingin Anda sampaikan atau sekedar kesan yang ingin Anda ciptakan dari
rancangan Anda.
Pilihlah merek dengan logo yang anak muda banget dan
menggambarkan tema dengan baik. Buat iklan yang memuat pencitraan yang ingin
Anda bangun dari produk Anda. Itu sebabnya lakukan dulu riset poin satu untuk
menemukan tema yang tepat dengan selera pasar dan style Anda. biasanya
ditujukan untuk anak muda, jadi dekatkan branding Anda dengan gaya anak muda.
Penentuan Harga
Pada poin ini Anda harus menghitung total biaya produksi dari
produk Anda juga ditambahkan dengan biaya lain-lain untuk produk Anda sampai ke
tangan konsumen. Dari sini Anda bisa menghitung besar harga yang Anda
bandrolkan pada produk.
Harga sendiri adalah bagian dari branding, harga yang murah
tentu akan memberi citra yang berbeda dengan harga mahal. Tetapi Anda tetap
harus menyesuaikan kualitas produk Anda dengan harga yang Anda pasangkan.
Langkah Promosi Produk
Sebenarnya branding juga merupakan dari proses promosi dan
pemasaran. Pencitraan yang Anda lakukan akan menjadi salah satu alasan konsumen
membeli. Tetapi selain branding, Anda perlu membuat konsep perkenalan produk
yang akurat untuk membidik pasar target Anda.
Misalkan dengan mensponsori event, pameran, memasuki
komunitas untuk mendapatkan penjualan dari target atau dengan promo harga.
Bahkan mengikat kerjasama dengan pihak toko penjual untuk memajang produk Anda
di depan saja sudah bisa menjadi cara promosi yang jitu.
Dengan penjelasan di atas, sekarang Anda sudah mulai mendapat
gambaran kan bagaimana cara-cara memulai bisnis kaos distro online? Kalau
sudah, sudah siapkah Anda memulainya sekarang?