KAOS DISTRO : Fashion atau gaya berpakaian merupakan perkembangan dari salah satu bagian kebutuhan dasar manusia yang tak akan pernah ditinggalkan. Geliat dunia fashion kini memang semakin menyeruak ke permukaan. Bagaimana tidak, beragam corak dan jenis tren pakaian selalu hadir hampir pada setiap harinya.
Salah satu hal dari pertumbuhan dunia fashion ini datang dari
dunia distro. Fashion yang identik dengan kaum muda ini telah menjadi sebuah
fenomena tersendiri yang layak diperhitungkan. Dari sini kemudian muncul
peluang besar bagi siapa saja yang ingin bergerak di dunia bisnis kaos distro.
Meski persaingan dalam bisnis ini cukup ketat, namun dengan
besarnya peminat yang ada maka tidak mustahil bagi Anda untuk bisa memperoleh
keuntungan besar jika Anda mampu menjalankan bisnis ini dengan tepat.
Bisnis distro yang umumnya membutuhkan modal besar bisa
diakali dengan menjalankan sistem Pre Order (PO). Sistem Pre Order adalah
teknik jitu untuk mengatasi masalah permodalan yang ada. Dengan sistem Pre
Order, Anda akan memproduksi kaos setelah ada pemesanan minimal dengan jumlah
tertentu yang Anda tentukan, misalnya 10 kaos, 20 kaos atau 50 kaos.
Dengan adanya sistem ini, Anda bisa memiliki kepastian untuk
bisa memutar modal yang telah Anda keluarkan. Lalu bagaimana cara menjalankan
bisnis kaos distro dengan sistem Pre Order yang baik dan tepat ini? Berikut
ulasan beberapa tipsnya.
1. Buat Prosedur Pemesanan
Tips pertama untuk menjalankan bisnis kaos distro dengan
sistem Pre Order adalah membuat ketentuan pemesanan yang tentunya tidak terlalu
membebani konsumen. Ketentuan pemesanan ini bisa berupa jumlah minimal order
dan cara pembayarannya.
Jangan lupa juga untuk mengusahakan agar sistem Pre Order
kaos ini berlaku dengan ketentuan satu tema desain dari satu deal pemesanan
minimal, agar bisa mendapatkan harga murah dari partner konveksi Anda.
Ketentuan pemesanan ini haruslah dibuat dengan memberikan win-win solution bagi
kedua belah pihak agar Anda tetap mendapatkan kepercayaan dari para konsumen
Anda.
2. Cari Mitra Konveksi Untuk Kerjasama
Tips selanjutnya adalah Anda harus mencari partner untuk
bekerjasama dalam hal konveksi. Jelaskan kepada calon mitra konveksi Anda bahwa
kerjasama ini bersifat Pre Order sesuai sistem bisnis Anda. Carilah pihak
konveksi yang mau dengan sistem Anda dan juga yang penting adalah mendapatkan
harga yang lebih murah.
Dengan harga yang murah dari partner konveksi Anda, Anda bisa
mengatur harga keuntungan untuk dijual kepada para konsumen. Maka peranan mitra
atau partner konveksi di sini tak bisa Anda remehkan untuk keberlangsungan
bisnis kaos distro Anda kedepan.
3. Buat Desain Terbaik dan Sekreatif Mungkin
Hal yang penting juga diperhatikan dalam bisnis kaos distro
adalah desain. Selain sebagai pintu gerbang menuju deal transaksi dengan
konsumen, desain kaos merupakan senjata ampuh untuk menarik banyak konsumen dan
pelanggan dalam pemasaran online.
Maka dari itu usahakanlah untuk membuat desain yang terbaik
yang Anda bisa. Kreativitas seringkali menjadi jalan bagi beberapa desainer
untuk menciptakan karya yang besar. Maka usahkanlah untuk selalu berpikir
kreatif tentang desain-desain yang akan Anda gunakan.
4. Buatlah Media Promosi Online
Untuk menjaring calon pembeli yang lebih banyak, maka
pemasaran online tak boleh Anda lewatkan. Selain dapat menghemat pengeluaran
karena pemasaran online ini berbiaya hemat, #internet marketing saat ini juga
sangat efektif untuk penjualan yang bertema visual seperti desain kaos distro.
Manfaatkan #media sosial yang ada serta instant messaging
yang Anda miliki. Jika telah punya modal lebih, Anda bisa memakai website
berbayar agar lebih terlihat profesional. Jangan lupa juga untuk masuk ke dalam
forum-forum yang berkaitan dengan tema desain kaos serta segmentasi pasar Anda.
5. Jangan Lupakan Offline Marketing
Meskipun bisnis kaos distro Anda masih terbatas dana dengan
menerapkan sistem Pre Order, namun Anda tak boleh melupakan pemasaran offline.
Offline marketing yang tak terlalu berbiaya mahal seperti word of mouth dan
menyebar sebar brosur bisa Anda jalankan sembari menunggu pembeli dari online
datang memesan. Bentuk penawaran melalui proposal pada pihak-pihak tertentu
juga bisa menjadi pilihan pemasaran offline untuk bisnis kaos distro Anda.